Asuransi Kesehatan Terbaik Versi Qoala Indonesia

Pengertian asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan kesehatan dalam bentuk perlindungan risiko finansial berupa penggantian biaya medis bagi peserta asuransi apabila ia mengalami sakit atau kecelakaan. Pada umumnya, asuransi yang memberi perlindungan kesehatan terdiri dari dua jenis, yaitu rawat inap (inpatient treatment) dan rawat jalan (outpatient remedy).

Selain pertanggungan biaya medis, beberapa asuransi perlindungan kesehatan juga memiliki manfaat pertanggungan atas biaya kamar rumah sakit, akomodasi ICU, konsultasi dokter, konsultasi dokter spesialis, tindakan bedah, rawat jalan, perawatan di rumah, layanan ambulan, cuci darah, penyakit kritis, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, peserta asuransi diharuskan untuk membayar premi asuransi secara berkala. Besarannya sendiri tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi kesehatan peserta, tingkat risiko, serta ketentuan-ketentuan lainnya dari perusahaan asuransi.

Apa saja manfaat yang bisa saya dapatkan dengan memiliki asuransi sebagai perlindungan kesehatan?

Banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan membuat asuransi untuk perlindungan kesehatan menjadi penting untuk dimiliki. Manfaat-manfaat tersebut di antaranya adalah:Memberikan perlindungan kesehatan jika kamu jatuh sakit dalam bentuk penggantian biaya medis. Contoh penggantian asuransi kesehatan, di antaranya adalah biaya kamar rumah sakit, obat-obatan, akomodasi ICU, pemeriksaan atau konsultasi dokter, konsultasi dokter spesialis, tindakan bedah, rawat jalan, perawatan di rumah, layanan ambulan, cuci darah, penyakit kritis, dan lain sebagainya. Asuransi menjamin biaya pengobatan dan tindakan kesehatan untuk seluruh anggota keluarga yang ditanggung, dari anak hingga orang tua. Manfaat ini dapat mengurangi beban biaya rawat inap di rumah sakit ketika jatuh sakit atau terkena kecelakaan. Meringankan beban finansial keluarga atau kerabat jika kamu harus dirawat di rumah sakit dalam jangka waktu tertentu. Asuransi dapat melindungi diri dari naiknya biaya kesehatan. Di Indonesia, tiap tahunnya biaya kesehatan naik sekitar 10% hingga 15%. Pengeluaran biaya kesehatan dalam jangka yang panjang bisa menjadi besar, terutama jika kamu terkena penyakit kritis dan harus dirawat inap di rumah sakit. Apalagi, ada kemungkinan naiknya biaya kesehatan tidak diimbangi dengan naiknya pemasukan kamu. Dengan memiliki asuransi sebagai perlindungan kesehatan, kamu bisa melindungi harta kamu dari besarnya biaya medis.

BACA JUGA :  Asuransi Mobil Sinarmas | Gratis Mobil Pengganti

Perlu diingat pula bahwa makin muda usia kamu, makin murah pula premi asuransi yang harus kamu bayarkan. Nilai ini ditentukan oleh bagaimana risiko kamu bisa terjangkit penyakit tertentu. Makin muda umur kamu, risiko kamu terkena penyakit pada umumnya lebih rendah, sehingga biaya atau harga premi asuransi kesehatan yang dibayarkan pun rendah.

Bagaimana cara kerja asuransi kesehatan?

Seperti halnya cara kerja produk asuransi lainnya, asuransi sebagai perlindungan kesehatan melibatkan dua pihak yang terikat tanggung jawab antara satu dengan yang lainnya, yaitu nasabah asuransi dan perusahaan asuransi.

Nasabah asuransi diharuskan untuk membayar iuran setiap bulan, yang disebut dengan premi, kepada perusahaan asuransi. Selama nasabah rutin membayarkan premi dalam jangka waktu perlindungan, perusahaan asuransi diharuskan untuk memenuhi kewajibannya memberikan seluruh manfaat asuransi sebagai perlindungan terbaik bagi kesehatan yang cakupannya mengacu pada perjanjian yang telah ditentukan di awal antara kamu dan perusahaan asuransi.

Apa saja jenis-jenis asuransi kesehatan?

Di Indonesia, asuransi kesehatan dapat dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu berdasarkan jenis perawatan, jenis keikutsertaan, besaran biaya yang ditanggung, dan berdasarkan pihak yang ditanggung.

Asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatan

Rawat inap (inpatient treatment) Jenis asuransi perlindungan kesehatan yang membiayai perawatan yang mengharuskan pasien untuk menginap di kamar rumah sakit (opname).

Rawat jalan (outpatient remedy)Jenis asuransi perlindungan kesehatan yang membiayai perawatan pasien berupa pelayanan medis seperti pengamatan, diagnosa, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya yang tidak mengharuskan pasien untuk menginap di rumah sakit (opname).

Asuransi kesehatan berdasarkan keikutsertaan

WajibPembelian dan pembayaran asuransi tiap individu dilakukan secara wajib dan mengikuti aturan tertentu seperti seorang karyawan yang harus membeli polis asuransi sesuai dengan peraturan dalam perusahaan atau organisasi tempat dia bekerja.

BACA JUGA :  Asuransi Kesehatan Terbaik 2021 - Premi Murah dan Klaim Cepat!

SukarelaPembelian dan pembayaran asuransi tiap individu dilakukan secara bebas yang artinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari individu tersebut tanpa terikat suatu aturan perusahaan atau organisasi.

Asuransi kesehatan berdasarkan biaya yang ditanggung

Tanggungan TotalSeluruh biaya perawatan tiap individu ditanggung oleh perusahaan asuransi, baik rawat inap ataupun rawat jalan, dengan nilai yang sesuai dengan yang tertera dalam polis asuransi.

Tanggungan TinggiJenis asuransi yang hanya akan menanggung biaya yang tergolong besar. Jenis asuransi ini tidak akan menanggung biaya-biaya rawat jalan kecil, seperti pemeriksaan, analysis, obat, dan sebagainya.

Asuransi kesehatan berdasarkan pihak yang ditanggung

PersonalAsuransi proteksi kesehatan yang memberikan perlindungan hanya kepada satu individu atau perorangan/pribadi dengan proteksi terbaik, sesuai syarat dan ketentuan dalam polis asuransi.

KelompokAsuransi proteksi kesehatan yang memberikan perlindungan kepada kelompok tertentu (misalnya, karyawan dalam perusahaan atau anggota keluarga) dengan proteksi terbaik, sesuai syarat dan ketentuan dalam polis asuransi.

Perusahaan apa saja yang menyediakan layanan asuransi kesehatan di Indonesia?

Ada banyak perusahaan-perusahaan ternama dan ternama di Indonesia yang menyediakan asuransi untuk perlindungan kesehatan (baik swasta maupun milik negara) di antaranya adalah Prudential, Allianz, Sinarmas, Manulife, AXA Mandiri, BNI Life, BCA, AIA, Cigna, Takaful, Bumiputera, Avrist, Chubb, Jagadiri, Adira, Equity, MAG, Great Eastern, Tokio Marine, CAR, Jasindo, FWD, InHealth, dan masih banyak lagi.

Mengapa saya butuh asuransi untuk melindungi kesehatan?

Manfaat kepemilikan asuransi untuk proteksi kesehatan itu baru terasa ketika kita jatuh sakit. Bayangkan ketika kamu sedang sakit dan harus dirawat di rumah sakit dengan biaya rawat inap yang tinggi, dan kamu harus menanggung seluruh biaya tersebut dengan uang sendiri.

Dengan asuransi yang kamu miliki sebagai perlindungan kesehatan dirimu maupun keluarga, biaya medis kamu akan ditanggung pihak asuransi yang nilainya sesuai dengan manfaat dalam polis kamu, sehingga kamu tidak perlu khawatir harus mengeluarkan biaya sendiri. Hal ini akan sangat membantu kamu khususnya ketika kamu menghadapi keadaan darurat, seperti saat terkena penyakit kritis, kecelakaan, atau persalinan.

BACA JUGA :  Tidak Ribet Seperti BPJS, Miliki Asuransi Kesehatan Terbaik 2021 dengan Premi Rp150 Ribuan

Apakah asuransi kesehatan sama dengan BPJS?

Pemerintah Republik Indonesia mencanangkan application Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang bermuara pada didirikannya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Tujuan BPJS Kesehatan adalah untuk memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia. Dulu dikenal sebagai Askes yang dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero), nama ini telah diubah sejak 1 Januari 2014, sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS.

Secara konsep, asuransi kesehatan dan BPJS memiliki banyak kemiripan, di antaranya yaitu setiap peserta diharuskan membayar sejumlah biaya untuk mendapatkan fasilitas penggantian biaya medis ketika jatuh sakit atau terkena musibah kecelakaan.

Namun, berbeda dengan BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan memiliki beberapa kelebihan, seperti unggul dalam hal pelayanan yang lebih cepat, fleksibilitas memilih rumah sakit, dan terdapat fasilitas pencairan klaim pada beberapa produk asuransi perlindungan kesehatan.

Apa bedanya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa?

Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa adalah dua jenis asuransi dengan manfaat berbeda. Asuransi sebagai bentuk proteksi kesehatan memiliki manfaat berupa penggantian biaya perawatan yang dikeluarkan ketika tertanggung dirawat inap atau dirawat jalan Sedangkan asuransi jiwa memiliki manfaat uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris ketika tertanggung meninggal dunia.

Apa beda asuransi kesehatan murni dengan perlindungan kesehatan pada umumnya?

Perbedaannya terletak pada jenis manfaat, yakni asuransi yang bersifat unit link menawarkan manfaat tambahan berupa produk investasi atau tabungan, sementara asuransi perlindungan kesehatan yang bersifat murni tidak memilikinya sama sekali.

Mengapa beli asuransi kesehatan online?